NGEBLOG OFFLINE ???…..MENGAPA TIDAK,,,

Ngeblog memang asik. Apalagi di depan  Laptop sambil ditemani secangkir kopi. Tapi sayangnya internet di negara kita terlalu mahal dan lambatnya setengah mati. Satu-satunya cara biar tetep nikmat ngeblog ya harus bisa ngeblog offline or nulis di blog tanpa nyambung kabel.

Masalahnya adalah gimana cara dapetin blog yang bisa dijalanin di dunia online dan offline sekaligus. Setelah googling sana sini, aku dapet jawabannya juga. Kebetulan pula aku pake WordPress. Kelebihannya, dia bisa dijalankan secara online dan offline. Untuk offline ya harus download dulu software WordPress-nya, gratis kok bukan bajakan. Versi yang saya download ini udah nyampe 2.7 dalam versi bahasa Inggris. Sebetulnya ada sih versi Indonesia dan Sunda, tapi terlanjur kagok masang.

Syarat untuk nginstall wordpress yaitu harus punya Apache Web Server, MySQL, dan PHP. Tapi tunggu dulu…! Semua itu ngga perlu dipelajari. Terus terang aja aku juga ngga ngerti sama sekali ketiga mahluk itu. Aku bisa nginstal WordPress bahkan phpBB, Joomla, dan Drupal dengan very-very mudah. Yang penting, pembaca punya kemampuan dasar instalasi software.

Ada sebuah paket software yang namanya BitNami memudahkan aku nginstall semua itu. BitNami nyediakan 2 “layanan”:

  1. Server Stack (Apache, MySQL, dan PHP server) yang bisa diinstall dengan gampang. Ada WAMP untuk Windows, MAMP untuk Mac OSX, LAMP untuk Linux, dan SAMP untuk Solaris. Stack ini akan jadi basis data aplikasi diatasnya nanti. Download yang versi OSX ada disini.
  2. Application Module (WordPress, phpBB, Mantis, Drupal, Joomla, DokuWiki, dsb) adalah aplikasi berbasis server2 tadi yang nantinya bisa dijalankan secara offline, persis seperti aslinya di internet. Download disini.

Pertama, download dulu stack servernya sesuai dengan jenis OS yang dipakai, lalu install dan ikuti aja petunjuknya. Nanti ditanya username dan password administrator. Password ini akan digunakan untuk seluruh stack aplikasi yang diinstall setelahnya.

Kedua,  download WordPress Module lalu install, ikuti petunjuknya.

Kalau dua-duanya udah diinstall, nanti akan masuk ke layar utama WordPress. Jadi deh… Selamat blogging dimanapun berada!

3 Tanggapan

  1. Hmm, kalau saya sih biasanya pakai BlogDesk buat nulis offline.

  2. thx bro atas informasinya

  3. Terimakasih atas informasi yang disampaikan lewat media ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: