SOAL ULANGAN IPA KELAS 4 SEMESTER GANJIL

Materi Soal latihan ulangan kelas 4 SD sekarang sangat berbeda dengan soal latihan kelas 4 pa zaman dahulu.Materi sekarang terasa sulit bagi anak-anak,banyak yang mengeluhkan.Orang tua yang dahulu pernah mengenyam bangku sekolah dasar pun menyampaikan keluhannya kepada guru bahwa materi kelas 4 sekarang sangat luas dan banyak istilah-istilah yang di ambil dari kata-kata asing.seperti contoh di materi ipa kelas 4 SD,ada materi yang menjelaskan tentang bahwa di dalam lambung hewan pemakan rumput terdapat bakteri yang dapat membantu menghancurkan rumput yang di makan hewan yang disebut dengan “Eudiplodium Negleitium”.Istilah tersebut sangatlah jarang di dengar oleh siswa,pada waktu orang tua siswa duduk di bangku SD pun belum ada istilah tersebut,jadi sangatlah wajar jika dikatakan bahwa materi sekolah pada jenjang sekolah dasar sekarang sudah seperti materi anak SMP.

Di bawah ini ada beberapa soal latihan IPA kelas 4 semester 1,ada beberapa bab yang telah penulis rangkum dalam bentuk soal latihan.Jika anda menginginkan untuk mendownloadnya,maka silahkan “klik” kalimat yang berwarna biru di bawah ini :

A. Soal-soal Ilmu Pengetahuan Alam

1. Bagian-bagian tumbuhan dan fungsinya

2. Mahluk hidup dan lingkungannya

3. Penggolongan hewan

4. Rangka manusia

B. Soal Ilmu Pengetahuan Sosial

1. Kenampakan Alam.

C. Soal Matematika

1. Sifat-sifat operasi hitung bilangan

D. Soal Pendidikan Kewarganegaraan

1. Soal latihan test semester

Soal-soal di atas tidak semuanya ada kunci jawaban,ada beberapa yang memang belum di cantukan kunci jawabannya.Silahkan download soal tersebut untuk bahan belajar anak jika anda mempunya anak yang duduk di bangku kelas 4 SD.Dan jangan lupa untuk memberikan tanggapannya…..Terima Kasih

156 Tanggapan

  1. Terimakasih atas soal-soal latihan mohon kalau bisa sekalian dengan jawaban, karena soal sekarang lebih susah dari pada dulu tahun 60-an ketika saya sekolah SD, semoga mendapat pahala yang berlipat atas bantuannya amin.

  2. wah klo file docx kita yg pake office lama gak bisa buka
    txs

  3. terimakasih atas soal soal latihan serta penyelesaiannya. semoga jasa anda mendapat pahala dari Allah SWT amin.

  4. HI……semua aku salah satu siswa penggemar IPA lho….yang ada di bandar lampung, SD SEJAHTERA 1
    Menurutku IPA adalah pelajaran yang menyenangkan dan mengasyikkan karena kita bisa belajar alam dari pelajaran ini. jadi teman jangan malas belajar IPA ya…..

  5. Terimakasih atas soal-soalnya sangat membantu smoga km dberikan ganjaran brupa pahala yg besar dr Allah SWT.

    oya bisa gak soal-soalnya dilengkapi dari bab 1 sampai akhir semua mata pelajaran krn yg ada skrng hanya 3 mata pelajaran dan itupun blm lengkap.
    termakasih banyak

  6. kok gak bisa aku doenload sich mohon keterangan nya

  7. kok dak bisa ya down loadnya apa? harus reg dulu tolong dikasi tau atau caranya pak? thank

  8. itu tanpa reg…tinggal di klik aja.
    format file officeword 2007,jika di buka di office 2003 tidak bisa.

  9. pelajaran ulangan UAS semester 2 kls 4 SD

  10. matur nuwun…sangat membantu sekali untuk anak sy yg masih duduk di kls 4,mudah2an amalnya di balas sm allah…tolong dong klau bisa kunci jawaban dilampirkan semua. trims…

  11. soal untuk kelas 4 sd kurang banyak.tlng buat soal untuk setiap bab pelajaran di sekolah.biar kita bisa buat latihan di rmh.soal utuk kewarganegaraan ngak nyambung dengan pelajaran di sekolah kami.thanks

  12. kunci jawaban IPA ttg rangka manusia ko ga ada sih,mohon dilengkapi dong.Terima kasih sebelumnya krn soal-soal dan kunci jawabannya sangat membantu

  13. gimana caranya biar bisa keluar soal-soal?

  14. RPPnya bagus mohon ijin untuk download sebagai tambahan referensi

  15. aduh q ga bisa cari so”al nya di mn nieh

  16. matur nuwun…sangat membantu sekali untuk rekan2 yang masih punya putra putri yang masih bersekolah di SD , dan terus Bapak berkarya , kami doakan semoga Bapak sekeluarga selalau di berikan kesehatan , sehingga lebih banyak berkarya dan membantu mencerdaskan bangsa , semoga Alloh mengabulkan Amin.

  17. makasih banyak,ini sangat membantu sy,,,,
    semoga anak didik sy terbantu

  18. Assalamu’alaikum…
    Thank you… bisa download contoh soal-soal tuk kelas 4 Sd.semoga Allah membalas kebaikan antum. sukron

  19. Trims banget, banyak membantu sebagai acuan. Gimana caranya download ya kok selalu gagal.
    Thanks berat

  20. Terima kasih atas bantuan contoh-contoh soalnya, semoga bermafaat bagi anak kami dalam proses pemahaman pelajaran…. sekali lagi terima kasih…. semoga ini menjadi amal jariyah Bapak.

  21. Terima kasih Banyak, semua nya ini sangat membantu saya dalam membimbing anak saya belajar. Karena kesibukan kerja sehingga sy tak sempat membuat rangkuman soal. terimakasih. semoga apa yg anda berikan dicatat sebagai amal ibadah oleh Allah. Amiiiiiin

  22. TERIMA KASIH BANYAK ATAS CONTOH-CONTOH SOALX,SEMOGA KAMI BISA BELAJAR DARI SMUA INI.AMIEN

  23. sangat membantu,bg ortu yg super sibuk

  24. wah bagus untuk di pelajari nih

  25. terima kasih pak ats soal-soal ulangannya, sangat membantu untuk anak saya..semoga mndpt pahala.
    tolong terus diperbaharui soal2nya ya.

  26. terima kasih banyak lho…..alhamdulillah keponakan saya yang kelas 3 kemarin saya kasih soal ips buat latihan dirumah, ulangan mid semester nya dapat nilai 9,8. (^_^)
    semoga bisa lebih dilengkapi dan semoga amal anda menjadi ilmu yang bermanfaat.

  27. Terimakasih soalnya…Bisa menambah referensi bagi saya dalam menyiapkan anak menghadapi tes..

  28. lumayan.sedang sakit bisa belajar lewat internet,nggak ketinggalan pelajaran IPA kesukaanku..^_^

  29. terima kasih dengan semua ketulusannya untuk yang terbaik bagi pendidikan anak-anak indonesia.

  30. terima kasih soal-soal-a.

  31. terima kasih … sangat membantu kami orang tua utk membimbing anak2 dari rumah.

  32. jawaban kelas 4

  33. AKU INGIN BERTEMAN SAMA KAMU BOLEHHHHH……….

  34. Mohon bantuannya untuk rpp standar proses kelas 6
    semester I

  35. makasih , usul mas kalo bisa buat bahan ajar powerpoint tentang rumus bangun datar/ ruang

  36. saya setelah menulis 150 soal capai

  37. bagussssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss

  38. trims banget soal2nya, buat belajar anakku.skrng akan uas sems 1

  39. trims soal2y,,membantu bgt utk anakku.

  40. trima kasih pak atas soal2nya.

  41. makasih atas bantu wan nya untuk anak ku bljr hehhehehheh

  42. makasih ats tulisan soal diatas

  43. terimakasih soalnya, semoga bermanfaat bagi latihan belajar untuk anak saya

  44. terimakasih atas soalnya, saya sangat senang!
    karena pelajaran ini adalah pelajaran yg saya paling sukai! saya selalu mendapat nilai bangus untuk pelajaran IPA.
    saya sangat berterimakasih…
    semoga soal soal yang di berikan bermanfaat bagi saya dan juga teman teman yg ada d indonesia!

  45. Makasih banyak lho mas Hamid…atas soal2nya…tks bgt..

  46. Soalnya oke juga, menambah bahan unruk anak saya yang kelas 4 dan buat referensi saya juga sebagai pendidik. thank’s ya.

  47. makasih atas file yang di sediakan.tp nambah lagi file BHS Indonesia

  48. hhhhhhhhaaaaaaaaaaaiiiiiiiiiiiiiii

  49. aku mau jadi anak pintar

  50. aku ingin menjadi anak pintar

  51. supaya giat belajar dan bisa mengerjakan soal ipa

  52. fsdsddddd

  53. ayo lah soal klas 6 mana??

  54. AKU PININ RANKING 1

  55. ipa menurutku pelajarannya susah tapi kalau di pahami akan lebih mudah lo semoga ipa aku mendapat kan nilai 100 amin n mendapatkan Rangking 1 AMIN

  56. terima kasih ya…sudah boleh mendwonload….

  57. mana aku kok nggak dikasih soal ulangan

  58. thanks

  59. saya kemarin ulangan ipa tdk bisamengerjakan.
    dan ingin tanya kepada anda terimakasih
    .

  60. Mohon di Email soal untuk mid semester genap kls 4
    Contoh: Mtk, PKN, B. Inggris, B. Indonesia, IPA, IPS,

  61. MAKASIHHHHHHHHHHH

  62. terimakasih sanget bos, salam kenal juga

  63. Hallo saya penggemar pelajaran Matematika…
    karena saya bisa menghitung angka
    jadi kalian semua jangan malas belajar Matematika ya….

  64. seram

  65. hantu adalah mahluk seram

  66. q pngin ranking 1

  67. aku jg senank pel ipa,tlonk donk tampilkan utk soal soal smt genap. (sdn keroncong mas permai tng). Tapi pel yg lain jgn lupain ya……

  68. terimakash atas semua kebaikan yang telah anda berikan, semoga menjadi amal disisinya, banyak sekali manfaat untuk saya pribadi dan untuk yang lainnya, udah bnyak hal yang baik yang kamin terima dari alamat yang anda buat ini, sekali lagi terimakash…

  69. lumayan bt tmbahan soal

  70. ipa adalah pelajaran kesukaanku

  71. yuk nur jannah bagaimana mengerjakan ipa

  72. hy

  73. hi…………
    tmn tmn q adalah seorang anak yg gemar mambaca
    buku ipa q yg paling suka buku ipa adalah gaya
    saya suka sekali sama pelajaran ipa
    guru saya dulu adalah mantan biologi loh………….
    jd q kalau smp ada pelajaran ipa minta tahu sm
    guru sy
    sy sekolah di sdn tanah kali kedindimg VII surabaya

  74. Terima kasih pak atas budi baiknya semoga Allah membalasnya, amin.

  75. oi siapo yang berani ikut campur ulagan ipa

  76. amin ya robbil alamin

  77. makasih soalnya…………………

  78. tks. tlg perbanyak lagi koleksinya. slm hangat

  79. thanks, soalnya….. boleh dong ditambah lagi mata pelajaran yang lainnya….

  80. trims, ya atas soal2nya, shg saya bisa menghemat waktu untuk menemani anak2 belajar, krn selama ini saya yg bikin soal untuk anak2

  81. BAGUS BANGET…. TAMBAH MATERI YANG LAIN

  82. makasih pak soalnya ijin download…

  83. agak susah di download yah pak…

  84. hatur nuhun soalnya..

  85. MAKASIH SOALNYA…………….

  86. Lumayanlah buat adek gw, dia males baca .. tpi kalo di kasih soal jdi semangat dia! TQ yee…soalnya bagus dan materinya sama kok kaya yg diajarkan di sekolah adek gw… tq bapak Hamid

    ( ^_^)

  87. komen tolong kasih
    tau kunci jawa banya dong

    pisssssssssssss
    by;fadil

  88. terima kasih banyak…..

  89. ver uio pik ak0 b35a5r

  90. contoh proposal kkg ada kah….

  91. Makasih pak, aku jadi ingin belajar lebih banyak lagi. tolong di tambah ya pak soal soal dan jawabannya.

  92. Thanks bnget y…bisa buat belajar putri sy neeh….

  93. terima kasih semoga Allah membalas kebaikan anda

  94. Smoga Allah memba;as kebaikan

  95. Terus berkarya ya……………tetap smangat.

  96. waw thank yachhh

  97. TRIMS UNTUK SOALNYA YANG SANGAT MEMBANTU UNTUK MEMBIMBING ANAK KAMI YANG MAU UAS. JBU…..

  98. terima kasih banyak mas…ini sangat membantu..

  99. bagus, menjadikan saya bisa belajar relatif dan ujian saya makin bgs ..lo……terima kasihhhhh

  100. saya download ya mas soal sd nya, bermanfaat nih buat bahan ngles, mksh.

  101. terima kasih atas bantuannya… ^_^

  102. MATUR NUWUN, SOAL-SOAL MENIKO SANGET MIGUNANI DHATENG ANAK KULO. SUWUN

  103. thx uda menyediakan soal2 yg mudah di download ya,,,,

  104. Terima kasih ,soal – soalnya karena sangat membantu bagi saya ,semoga amalnya diterima yang maha kuasa .amin……

  105. lam kenal sy mtak tlg kirimin soal-soal latihan tuk kls 1 dan 4 tuk latihan anak-anak sy drmh agar ada gambaran tuk ujian semester ganjil nanti tlgi y …….pak trima kasih

  106. bagus untuk anak anak sd

  107. terima kasih soal 2nya sangat membantu

  108. terima kasih soalnya, downloadnya mudah

  109. Lumayan nih ….. soal soalnya bisa buat belajar tapi ngomong2 kurang banyak deh kayaknya ……………………………………………!!!!!!!

  110. terimakasih sharing soal2nya🙂

  111. matur thank you bozzzz

  112. terima kasih untuk contoh soal2ny.. bermanfaat skali…

  113. terima kasih…soal2nya…semoga dapat balasan dari-Nya…amin

  114. Bagus Banget…Saluutt……Sangat bermanfaat….teruslah berkreasi….Semoga Sukses….

  115. Gmn caranya agar soalnya bs keluar? Sy klik yg tulisan biru tp gak bs?

  116. terima kasih ya atas tambahan info soalnya… sangat bermanfaat

  117. makasih semoga bermanfaat buat anak saya mas…………
    smg di amal baik sdr di balas sama Allah SWT…………Amin

  118. tq……..
    semoga sukses buat qt smua…..

  119. terima kasih atas soal2nya ya karena itu pelajaran kesukaan aku mtk,ipa lho makasih ya,mudah2han soal itu berguna untuk perubahkan nilai aku supaya lebih tinggi lg?

  120. terima kasih ya atas soalnya mudah2han berguna untuk nilai aku ya…

  121. Terimakasih banyak atas kebaikkan bapa dalam membuat soal-soal seperti ini, ini sangat bearti bagi anak saya. Tuhan kan membalas kebaikkan bapak, amin

  122. kemudahan dan ketergantungan membuat manusia malas dan tak mau berusaha ingat bangsa yang maju selalu berusaha dan menciptakan sesuatu untuk kemaslahatan umat manusia bumi dan langit diciptakan untuk dipelajari bukan untuk ketergantungan manusia

  123. saya pingin cepat pinter karena saya suka di panggil ipa jadi saya pinter pelajaran ipa

  124. klau bisa lebih sering di upload yg terbaru

  125. maksi om sering2 di kasi soaal yg terbaru yaaaa

  126. makasih yach atas soalnya yg ter baru good bye
    hahahaha,,,,,,,,,

  127. kalau ada soal terbaru kasih tau yach terima kasih
    ScpR_farel_slow yach hahahahahaha,,,,,,,,,,,,,,,,,,,,

  128. thank u banget soalx pak>>>>

  129. bejagoioo

  130. analkhfigyriugf
    shfrgyfurgfuer friohfierhijg
    rfgljriljierh

  131. mksh soalx!!!!!

  132. makasihh om udhh kasih soal

  133. makasihh soalnya ya om

  134. trima kasih…..

  135. terimakasih utk soal2 nya y, membantu bgt …………….

  136. thank you banget ni soal nya membantu banget

  137. matur nuwun sanget….

  138. terima kasih…

  139. terima kasih soal2 ipa ya tapi tolong kasih jawabannya

  140. hmmmmmmmmmmmmmm!!!!!!!!!!!!!!!!

  141. ilmu slalu mengikuti perkembangan zaman,bila ilmu tanpa adanya perkembangan tak akan menghasilkan suatu penemuan baru,jadi jangan disamakan zaman pra sejarah dengan zaman tekhnologi,contoh dulu orang tua kita sama sekali tak mengenal yang namanya tekhnologi tapi anak2 sekarang dengan mudahnya mengenal bahkan menggunakan tekhnologi,jadi jangan merasa sulit dalam menggali suatu ilmu,dengan belajar pasti anda akan mendapatkan kemudahan,ingat Rasululloh tidak bisa membaca sebelum datangnya ilmu tapi dengan kegigihannya belajar dan belajar maka junjungan kita dapat mengembangkan apa yang diprintahkanNya,Mari kita belajar demi cita2 kita AAAAAAAAAAMMMMMMMMMMIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNN

  142. ilmu slalu mengikuti perkembangan zaman,bila ilmu tanpa adanya perkembangan tak akan menghasilkan suatu penemuan baru,jadi jangan disamakan zaman pra sejarah dengan zaman tekhnologi,contoh dulu orang tua kita sama sekali tak mengenal yang namanya tekhnologi tapi anak2 sekarang dengan mudahnya mengenal bahkan menggunakan tekhnologi,jadi jangan merasa sulit dalam menggali suatu ilmu,dengan belajar pasti anda akan mendapatkan kemudahan,ingat Rasululloh tidak bisa membaca sebelum datangnya ilmu tapi dengan kegigihannya belajar dan belajar maka junjungan kita dapat mengembangkan apa yang diprintahkanNya,Mari kita belajar pasti kita bisa !!!!!!!!!! AAAAAAAAAAMMMMMMMMMMIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNN

  143. terima kasih sharenya, mohon ijin donlot

  144. Tolong kirim soal ipa,ips,matematika utk sd kls 4

  145. terimah kasih atas ilmunya mudah-mudah allah membalasnya dengan pahala yang berlipat ganda. amin!

  146. ngahaturkeun nuhun kana rupihal bantosannana…wilujeng & sukses

  147. terima kasih pak semoga saya dapat menambah wawasan dengan membaca soal ini

  148. soal x uth

  149. ceela…..:D

  150. AKU BOLEH BERI TAHU CARANYA

  151. Thank for your question test i hope you get more from our GOOD. Thank for all

  152. Makasih….soal-soalnya sangat membantu saya.kalau bisa dikirimi lebih banyak lagi.hehe

  153. kunci jawaban

  154. ya allah q memohon ke pd mu bantulah q untuk mengerjakan UTS tgl 26 AMIN………..

  155. Terimakasih ya Pak, contoh soal nya sangat bermanfaat, SUCCEESS slalu untuk Bpk.

  156. sangat bermanfaat niih pak makasi…
    kunjungi juga ya ada soal-soal juga http://www.infoguwe.blospot.com

Tinggalkan Balasan

